Tagih Janji Lahan Plasma,300 Lebih Masyarakat Pagar Bulan Datanggi Kantor PT AMML

Onlinesriwijaya.com

BANYUASIN – Tarkait dengan lahan Plsma yang sampai saat ini tidak ada kejelasan dari pihak PT Agro Mitra Mas Lestari (AMML), warga Desa Pagar Bulan Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin akhirnya melakukan aksi damai. 

Aksi damai ini dilakukan di depan Kantor

PT AMML diwilaya kebun nya, Kamis (09/06/22) yang mana kurang lebih 300 massa yang merupakan warga Desa Pagar Bulan menuntut pihak dari PT AMML untuk menepati janjinya terkait lahan plasma yang sudah disepakati Pada saat pembebasan lahan di tahun 2014.

Ketua BPD Pagar Bulan Karnadi yang sekaligus selaku Koordinator aksi kepada media ini menjelaskan bahwa pihak PT AMML berjanji selain pembebasan lahan masyarakat akan mendapat lahan plasma, namun hingga saat ini lahan tersebut belum di serahkan kepada masyarakat.

“Kedatangan kami secara damai, dan kami hanya mintak kejelasan dari pihak PT AMML terkait lahan plasma yang sudah di sepakati.”jelas Karnadi.

Kedatangan warga masyarakat desa Pagar Bulan di sambut langsung Weldi jendral manijer dan Saipul komitra /humas PT AMML.

Sempat terjadi perdebatan antara Massa dengan Pihak Perusahaan namun setuasi bisa direda karena perwakilan dari massa di ajak mediasi di ruangan kantor PT AMML.

Didampingi angota Polres Banyuasin dan Polsek Rantau Bayur,mediasi bejalan lebih dari satu jam namun Masi belum menemukan hasil yang diharapkan oleh masyarakat desa Pagar Bulan.

Dikatakan oleh Kepala Desa Pagar Bulan Kurnaidi,media

“Belum ada titik terang,mediasi akan dilanjutkan di Kabupaten”jelas Kades singkat.

Kepala Desa Pagar Bulan Kurnaidi berjanji akan terus memperjuangkan hak masyarakat desa nya,namun dirinya memint kepada seluru masyarakat desa Pagar Bulan untuk bersabar.

“Masalah ini akan terus kita perjuangkan demi masyarakat Desa Pagar Bulan, dan ini tidak akan kami biarkan sampai pihak PT AMML memenuhi perjanjian yang sebelumnya telah disepakati bersama saat pembebasan lahan pada tahun 2014 lalu,” ungkap dia.

Masi kata Kades,”apabilah mediasi di Pemkab Banyuasin Masi tidak menemukan jalan keluar maka masyarakat desa Pagar Bulan akan menguasai lahan Inti milik PT AMML.”timpal nya.

Sementara itu Komitra/Humas PT AMML Saipul menolak untuk di bincanggi awak media yang sedang melakukan peliputan di lokasi itu dan diapun melarang untuk dipublikasikan.

“Kau nak berita ke apo,Kau ijin dulu dengan aku.”Ucap saipul.

Red.